Sabtu, 18 April 2009

2009 Perjalanan Pertama Sebagai BACKPACKER KE Melaka Kuala Lumpur dan Singapore : Medhiya

Perjalanan ini dilakukan bermula dari kondisi kesehatan penulis yang dirasa kurang sehat pada awal Januari 2009.
Sempat di Opname beberapa hari di RSU di kota penulis berdomisili (Batusangkar Sumatera Barat), demi untuk mencapai kesehatan yang lebih baik, penulis berkeinginan untuk melakukan medical check up di Mahkota Medical Centre Melaka, ...wah MMC Melaka Ngetop ya..,
nah penulis dapat info dari mulut ke mulut bahwa pelayanan di MMC Melaka memuaskan,
makanya pingin coba MMC Melaka.Ini pertama kalinya penulis melakukan Medical Check Up, padahal umur dah lewat 40 tahun.
Alhamdulillah perjalanan dan check up ini dibiayai oleh majikan penulis, ......majikan penulis baik sekali ya?
penulis bekerja di Libra Motor Dealer Honda Tanah Datar.
Ok, Awalnya ngeri juga, karna penulis belum pernah ke Melaka, walaupun sudah pernah ke KL tahun 2005 ( hanya 2 hari)& 2008 dan Singapore tahun 2005, itupun dengan Group yang diatur Travel Agent, praktis penulis tak tahu apa apa tentang malaysia dan Singapore, belum pernah naik Public Transport, terus terang penulis hanya mengenal sedikit kawasan Bukit Bintang KL.
Rupanya Istri Penulis ingin ikut, alasannya karna belum pernah ke luar negeri, trus pingin jagain kalau terjadi apa apa katanya.
Akhirnya diputuskan untuk berangkat tanggal 25 Feb 09, kembali 05 maret 09.
Sementara ngurus pasport istri, penulis ngurus NPWP (supaya gak dikenai FISKAL), trus nyari info di berbagai blog, situs & google maps, untuk rencana perjalanan.
Rencana perjalanan adalah Batusangkar-Padang-KL-Melaka-KL-Putra jaya-Genting highland-Singapore-Pekanbaru-Batusangkar, denganTARGET UTAMA MMC Melaka.
Berhubung perjalanan ini tergantung hasil Check up di MMC maka tidak bisa dilakukan pemesanan kamar hotel sebelum berangkat,jadilah perjalanan ini benar benar pakai ransel.

Tour Hari Pertama, Rabu 25 feb 2009

Bangun dini hari trus berangkat menuju Bandara Int. Minangkabau padang, shalat subuh diperjalanan (kuatir telat Check in di konter Air asia) lanjut check in trus lapor ke petugas pajak, Alahamdulillah gak bayar fiskal berkat kartu NPWP (mesti bayar 5jt untuk 2 orang dewasa kalau gak pakai NPWP), take off jam 8.30wib nyampe KL LCCT jam 10.30 waktu Malaysia,

urusan Imigrasi lama sekali, selesai jam 12, keluar terminal disambut agen MMC , menawarkan Bus ke MMC Melaka berangkat jam1 tiket RM25/orang.
ya sudah kita ambil tiket bus MMC, walau mahal tapi lebih efektif dari pada ke KL Sentral dulu trus Puduraya trus Melaka.

Bus berhenti tepat di depan MMC jam3, langsung masuk dan lapor untuk check up, berhubung masih puasa bisa langsung check up, selesai periksa jam 5,(hasil pemeriksaan dijanjikan besok pagi jam 8), keluar MMC ternyata mendung berat mau hujan, buru buru nyari hotel, disebelah kiri MMC ketemu Trend hotel,

Langsung check in 1 night, kamar dg AC kamar mandi dalam tanpa jendela, trus mandi.
Keluar kamar ternyata hujan deras, batal deh rencana mau explore daerah sekitar Hotel.
Habis isya masih gerimis kita keluar nyari makan, masih sekitar hotel ketemu Restauran Bukittinggi yang pemiliknya ternyata orang bukittinggi masih WNI, habis makan kita nyari SIM CARD Digi untuk telepon anak anak di rumah, trus balik ke hotel, istirahat.

Tour Hari Kedua, Kamis 26 feb 2009

Setelah sarapan di Restauran Bukittinggi trus ke MMC jam 8 untuk lihat hasil check up,
dari hasil pemeriksaan kata Dokter Premah don't worry lah, hanya dianjurkan jaga kolesterol, asupan Calcium, rajin Olahraga dan makan obat, Thank's God.
Selesai dari MMC kita jalan kaki ke Dataran Pahlawan, Christ Church, Maritime Museum, Navy Museum dan sekitarnya.

Setelah Check out, kita naik bis ke Terminal Melaka Sentral dari depan MMC, kena RM1/orang, (kata petugas hotel ongkos taksi ke Melaka sentral RM15),
sampai Melaka Sentral jam 12 langsung beli tiket tujuan KL Puduraya, Bus Trans Nasional berangkat jam1.
Kita makan siang dulu dalam terminal, Terminal Melaka Sentral sangat bersih rapi dan nyaman, banyak gerai penjual makanan, ada Mc D juga tinggal pilih saja.

Bus berangkat tepat jam1, sepanjang jalan ke KL hujan deras, sampai Puduraya jam4 trus nyari surau dilantai atas terminal Puduraya, shalat lohor trus ashar,
habis shalat keluar terminal buka peta trus belok kanan jalan kaki ke daerah Bukit Bintang,
langsung check in 3 night di Tropical Guesthouse di jl tengkat tong shin,
kamarnya kecil, bersih, dg AC, kamar mandi diluar.
Taruh barang langsung menuju BB Monorail Stasion

menuju KL Sentral, keluar stasion Monorail jalan kaki 300 meter (lagi ada pembangunan, mesti jalan muter) ke KL sentral.
Di KL Sentral beli tiket Kereta Api Senandung Malam Ke Singapore untuk tanggal 1Maret2009, awalnya nyari tiket kereta yang ada tempat tidurnya, ternyata habis, ya sudah kita beli yang duduk saja, sekalian minta form imigrasi untuk masuk Singapore (orang sana bilang WILD CARD). Selesai beli tiket kita masuk KFC KL Sentral untuk Early Dinner, trus Shalat magrib dilantai 4, trus balik ke hotel, karna gerimis kita gak keluar kamar.

Tour Hari Ketiga, Jum'at 27 feb 2009

Pagi hari turun hujan, setelah tertunda setengah jam akhirnya kita jalan kaki menuju Petronas Twin Tower, beli sarapan nasi goreng dan sandwich di pedagang pinggir jalan, lewat jalan Nagasari, jalan Sultan Ismail, jalan P Ramlee, sampai menara Petronas ternyata gerai di KLCC belum pada buka, keliling sebentar trus kita keluar ke taman KLCC foto foto sampai depan Mesjid Assyakirin KLCC.

Dari Depan Petronas naik bus Rapid KL Utama menuju daerah Mesjid Jamek untuk shalat jum'at, ternyata sopir bus yang kami naiki berasal dari Lubuk Basung Sumbar, jadilah kita pakai bahasa Minang saja sama sopir bus "di ma kampuang sanak?" begitu,
habis lunch kita jalan kaki melewati Kota Raya menuju Stasion Pasar Seni untuk naik bus ke Putra jaya,
turun bus Rapid KL Express di Putra jaya Sentral kita naik bus menuju masjid putra, kita diturunkan di shelter dekat JPM - Jabatan Perdana Mentri, melewati taman samping kiri Kantor Perdana Mentri Malaysia kita sampai di Masjid Putra untuk shalat Ashar trus foto foto,
kagum juga sama Malaysia, mereka pindahkan semua kantor pemerintahan berikut perumahan pegawainya ke kota baru yang bernama Putra Jaya.

Trus ke Putra Jaya Sentral untuk naik bus kembali ke Pasar Seni, lanjut naik monorail ke BB.
Malam itu kami tidak keluar, ternyata jalan kaki bikin capek yah..

Tour Hari Keempat, Sabtu 28 feb 2009

Setelah sarapan roti pagi ini kita jalan kaki menuju KL tower, itu menara Telekomunikasi dan tertinggi di Kuala lumpur, trus naik lift ke anjungan atas, kita lihat pemandangan keliling Kuala Lumpur trus turun.

Pagi itu ternyata ada kegiatan apa namanya turun menara pakai tali, gila bener atletnya, betul betul bernyali, kalau saya disuruh turun tali spt itu gak sanggup deh,,, yang lain aja.
Dilanjutkan jalan kaki ke Bukit Nenas Monorail menuju Stasion Titiwangsa, trus dari Stasion bus Titiwangsa kita naik bus jam1 ke Genting Highland langsung,
jam2 kita sampai Genting Highlang, terminalnya dekat Hotel First World. HUUUHH dingin sekali,hujan pula.

Puas keliling keliling trus kita turun dengan kereta gantung Genting Skyway ke Genting bawah,

ternyata sampai di bawah tiket bus menuju Puduraya telah habis, ada tawaran dari calo untuk naik taksi ke Puduraya RM20/orang,
kita pilih naik bus ke Stasion Gombak saja trus naik Rapid KL kereta komuter menuju Dang Wangi, pindah ke Monorail menuju Bukit Bintang, hujan hujanan, sampai hotel sudah magrib.

Tour Hari kelima, Minggu 1 mar 2009

Minggu pagi cuaca cerah kita jalan jalan keliling kawasan Bukit Bintang sampai depan Kedubes Indonesia, trus kita naik Monorail ke daerah Chow kit, daerah chow kit kita aduk aduk, ketemu lah tempat makan siang di tengah pasar yang sesuai selera kita, maklum selera orang minang, kita puas puasin makannya.

Habis makan siang kita kembali ke BB, masuk BB Plaza buat beli beli.
Setelah late check out sorenya kita naik monorail lagi dari Imbi ke KL Sentral, hujan lagi.
Ternyata banyak penumpang etnis India, Jam2030 kereta senandung malam bertolak menuju Singapore, (berhenti di beberapa stasion), penulis gak bisa tidur walaupun ngantuk berat, jam5 pagi sampai Johor Bahru, disini petugas imigrasi naik ke atas kereta untuk pemeriksaan pelintas batas, lama juga prosesnya walaupun petugasnya juga banyak, setelah petugas imigrasi turun
menyerbulah penumpang Johor Bahru (sepertinya warga Johor Bahru yang bekerja di Singapore)
Jam6 kita sudah sampai Woodland Singapore,
Pemeriksaan imigrasi Singapore, disini proses imigrasi penulis sempat tertahan karna pasport penulis tidak bisa di SCAN, akhirnya selesai juga setelah pasport penulis dibawa bolak balik dari konter ke ruang kantornya, alhamdulillah , amit amit deh kalau sampai diusir.

Tour Hari keenam, Senin 2 mar 2009

Jam8 kita sampai di stasion KA Singapore, setelah shalat subuh (telat), urusan kamar kecil, sarapan trus dilanjutkan dengan jalan kaki keluar stasion, saat istri penulis nanya " kita kemana?" penulis gak bisa jawab,
dengan bekal peta Singapore yang didapat tahun 2005 lalu, kita jalan kaki ke arah utara sampai ketemu Stasion MRT EW15,
trus nyari kartu telp umum sekalian telponnya, trus kita hubungi pemilik apartment di Lucky Plaza yang kita dapat dari Blognya Mas Budisulis,
konfirmasi kamar untuk 1 malam, terus kita masuk MRT stasion beli kartu EZ link trus masuk menuju MRT Orchard, transit di EW13 trus keluar di MRT NS22, saat mau nyebrang ke Lucky Plaza kita jadi bingung, nyebrangnya dimana? saat ketemu Under pass baru kita mikir, pantasan gak ada yang nyebrang, ternyata penyebrang lewat Under pass.
Selesai urusan kamar keluar deh naluri jalan kakinya, kita jalan kaki menuju Merlion Park melewati orchard road - Stamford Road, National Museum, Esplanade, trus ke patung Merlion yang lagi direnovasi.

Malam harinya kita jalan sepanjang Orchard Road saja menikmati suasana malam mumpung cuaca cerah.

Tour Hari ketujuh, selasa 3 mar 2009

Pagi hari langsung ke Changi Airport, sempat nyasar ke Budget terminal, karna Konter Air asia adanya di terminal1.
Ini pertama kalinya penulis masuk Bandara Changi, sangat terkesan Bandara Changi sangat memanjakan pengunjungnya dengan SkyTrain, Eskalator, interior dengan aneka bunga, bahkan penulis ditanyai oleh Surveyor dengan Kuesioner tentang kunjungan di Singapore.

Hujan sangat deras sewaktu Take off, separuh penerbangan ke Pekanbaru kami terguncang guncang cuaca buruk, akhirnya mendarat dengan selamat, sebelum perjalanan darat ke Batusangkar dengan mobil travel, kita makan siang dulu di CFC bandara pekanbaru.
Kita sampai di Batusangkar sore hari.